Posted by : Ananda Arifianto Selasa, 05 Oktober 2010

New Media diambil dari bahasa Inggris. Yang secara kasarnya bisa kita artikan sebagai media baru. Media yg dimaksud di sini adalah perantara atau penghantar dalam menyampaikan suatu pesan. Pesan itu dapat berupa informasi-informasi paling baru yg sedang hangat dibicarakan banyak orang.

Di sini saya berikan contoh new media itu adalah internet. Saat ini internet adalah hal yg lumrah bagi khalayak. Dari kalangan masyarakat, sekolah, pejabat, orang 'besar', orang 'kecil' pastilah tahu apa internet, meskipun tidak semua tahu bagaimana cara penggunaan dari internet tersebut.

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.

Banyak hal yang bisa didapat ketika kita sedang berada di dunia Internet. Ada segi positifnya, ada juga negatifnya. Tergantung dari
bagaimana kita menyikapinya masing-masing. Seperti pada misalnya di KASKUS. KASKUS adalah sebuah komunitas terbesar di Indonesia (THE LARGEST INDONESIAN COMMUNITY). Di dalam komunitas tersebut kita bisa dapatkan banyak hal. Misalnya kita jadi tahu masalah apa yg sedang terjadi di masyarakat. Atau kita bisa tahu info paling update mengenai teknologi. Di KASKUS ini juga ada sisi negatifnya. Misalnya ada sebuah thread yg di dalamnya berisi gambar porno. Kaskuser(sebutan orang yg suka NgasKus) pasti juga ada yg di bawah umur. Hal ini tentu tidak baik untuk mereka. Sebenarnya hal ini bisa kita cegah dengan mengetahui apa sebenarnya yg kita ingin cari di internet. Dan juga pasti didukung oleh pengawasan dari orang tua.

Seiring berjalannya waktu, pasti perkembangan teknologi pasti akan semakin canggih. Intinya adalah bagaimana pribadi kita masing-masing menyikapi perkembangan tersebut dengan baik :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

Foto saya
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Lahir dari sebuah keluarga di Jakarta. Saat ini saya masih kuliah di Universitas Gunadarma. Tulisan di blog ini mungkin tidak bagus, tapi saya hanya ingin menuangkan apa yang ada di pikiran saya. Please, Enjoy it..

Popular Post

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Under Reconstruction -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -