Posted by : Ananda Arifianto Senin, 08 April 2013

Cloud Computing berasal dari 2 kata yang berbeda, cloud dan computing yang berarti komputasi awan. Maksud dari kata awan di sini adalah sebagai konotasi dari internet. Sekarang, proses komputasi sudah dapat dilakukan di mana saja. Mulai dari menyimpan data, mengirim data, hingga meremote komputer. Konsep dari Cloud Computin itu bisa dilihat dari gambar di bawah ini.

 Gambar Cloud Computing
 
 
Internet di gambar atas berfungsi sebagai awannya. Dengan menggunakan internet, kita bisa menghubungkan beberapa device seperti mobile, pc, notebook, dll ke dalam satu jaringan. Kita bisa mengirim data dari pc ke pc dalam jarak yang jauh, bahkan kita juga bisa meremote komputer yang lokasinya jauh dengan kita. Ya, semua hal tersebut dapat dilakukan menggunakan internet.

Sebenarnya kapan sih pertama kali Cloud Computing ini ditemukan?

Ide awal dari cloud computing ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1960-an. Pada saat itu John McCharty, seorang pakar komputasi MIT menjelaskan bahwa "suatu hari nanti komputasi akan menjadi infrastruktur publik seperti listrik dan telepon". Tetapi barulah pada tahun 1995, Larry Ellison (pendiri Oracle) memunculkan ide "NetworkComputer". Dia menjelaskan bahwa sebenarnya user tidak perlu berbagai software untuk terhubung dari 1 pc ke pc lainnya.

Pada akhir-akhir ini banyak website yang menggunakan konsep Cloud Computing ini. Yang paling banyak adalah website tempat penyimpanan online. Jadi kita menggunakan internet ini untuk menyimpan file-file, gambar, video yang dapat kita ambil sewaktu-waktu jika diperlukan. Hal ini sangat menguntungkan, karena kita tidak perlu lagi menyediakan space pada device kita untuk menyimpang file-file tadi. Suatu saat kita butuh, kita tinggal ambil file tadi, kalau sudah tidak perlu bisa kita hapus dari device kita sehingga tidak memakan banyak memory.

Website-website tersebut antara lain adalah Dropbox dan Google Drive. Dengan menggunakan website tersebut, kita bisa menyimpan file, video, gambar. Cara menggunakannnya cukup mudah, kita tinggal daftar di website tersebut, kemudian kita langsung dapat menggunakannya sebagai storage. File, gambar, dan video yang kita simpan dapat juga dibagikan ke pengguna lain.




REFERENSI

http://arirocks.blog.com/2010/03/10/sejarah-komputasi-awan-cloud-computing/
GAMBAR

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

Foto saya
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Lahir dari sebuah keluarga di Jakarta. Saat ini saya masih kuliah di Universitas Gunadarma. Tulisan di blog ini mungkin tidak bagus, tapi saya hanya ingin menuangkan apa yang ada di pikiran saya. Please, Enjoy it..

Popular Post

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Under Reconstruction -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -